Jakarta – Harga properti memang bisa turun tergantung dari keadaan. Lantas bagaimana cara menjaga agar harga properti yang dimiliki tidak turun?
Memiliki aset properti, seperti rumah, apartemen, hingga gedung perkantoran tentunya harus dijaga agar nilainya tidak berkurang. Berikut ini merupakan tips agar harga aset properti yang dimiliki tidak turun.

Perhatikan kondisi Properti

Misalnya kamu memiliki properti berupa rumah, ada baiknya kamu merawat bangunan dan lingkungan rumah. Contohnya mengecat dinding rumah hingga perbaiki bagian rumah yang bocor. Jadi, jika sewaktu-waktu rumah itu dijual, keadaannya masih baik dan bisa dibeli dengan harga sesuai pasar atau bahkan lebih.

Perhatikan kondisi lingkungan properti.

Jika kamu memiliki properti rumah, ada baiknya kamu menjaga hubungan baik dan proaktif dengan rukun tetangga atau RT. Misalnya, jika ada jalan berlubang di dekat rumahmu bisa segera diperbaiki, lalu memiliki penerangan jalan yang cukup, hingga faktor keamanan sekitar.

“Jadi ada dua yang harus diperhatikan, kondisi rumah sendiri dan sekitar rumah kita, itu harus kerja sama dengan RT dan warga sekitar kita. Kalau dua hal itu bisa dijaga dengan baik, pasti harga properti akan tetap bagus,” kata Pengamat dan Ahli Properti Steve Sudijanto kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Hal yang sama juga berlaku untuk gedung perkantoran. Bagi pemilik gedung, harus memberikan dan menjaga fasilitas yang ada agar harga properti tidak turun.

“Kalau gedung kantor itu (dirawat) parkirannya bersih, fasilitas umumnya bersih, toiltenya bersih, aman, gedungnya kinclong, AC-nya dingin, gensetnya berfungsi, tangga daruratnya bersih, liftnya beroperasi, pasti orang mau tinggal atau menyewa di situ. Apalagi dekat MRT, kantinnya bersih, ada tempat kopi tapi harga nggak mahal, pasti laris (gedungnya),” jelasnya.

Sebab, yang dicari banyak orang saat ini adalah hunian atau tempat kerja yang memiliki fasilitas umum yang memadai. “Properti yang memiliki ekosistem yang nyaman, yang bagus, yang baik, itu pasti harga propertinya bertahan dan naik,” pungkas steve.

Jangan salah pilih properti

Sebelum membeli properti, ada baiknya kamu melihat properti tersebut. Misalnya, lokasinya bebas banjir, dekat ke pusat bisnis dan perbelanjaan, dapat dipastikan tidak akan ada pelebaran jalan, dan lainnya.

“Jadi itu untuk menghindari kalau misalnya terjadi kenapa-napa jadi harganya nggak turun. Makanya perlu riset dulu sebelum membeli, jadi nggak asal-asalan (pilih properti),” kata Pengamat Properti Anton Sitorus kepada detikcom.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan agar harga properti tidak turun. Semoga bermanfaat!

Sumber :
https://detik.com